Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Wisata Raja Ampat, 6 Alasan Kepulauan Ini Jadi Idola Wisatawan

Wisata Raja Ampat
pesona wisata raja ampat

Pesona Wisata Raja Ampat, 6 Alasan Kepulauan Ini Jadi Idola Wisatawan - Jika membicarakan mengenai tempat wisata yang ada di Papua, sepertinya Raja Ampat tidak boleh sampai dilewatkan. Wilayah di Papua yang merupakan kepulauan ini bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, wisatawan mancanegara bahkan banyak yang menyengaja menikmati liburan mereka di kepulauan yang terletak di bagian kepala burung (vogelkoop) Pulau Papua.

Kepulauan Raja Ampat memang patut dijadikan sebagai tempat wisata alam yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke daerah Papua Barat. Ada beberapa alasan tersendiri kenapa tempat wisata ini disukai dan tetap menjadi hits dikalangan wisatawan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Berikut beberapa alasan yang perlu Anda ketahui kenapa Raja Ampat menjadi destinasi wisata ternama.


Pemandangan Alam yang Indah

Bicara mengenai wisata Raja Ampat, pasti tidak ada yang akan memungkiri betapa indahnya pemandanga alam yang disuguhkan. Pemandangan indah tersebut bisa Anda nikmati dari salah satu puncak tempat pendakian bernama Piaynemo. Tempat tersebut merupakan sebuah bukit yang menawarkan pemandangan lautan biru serta kumpulan pulau yang tersebar di sekitar Raja Ampat.

Bagi Anda yang berniat bermalam di Kepulauan Raja Ampat, Anda akan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Apabila ingin menikmati pemandangan matahari terbenam ini maka spot terbaik yang bisa dipilih adalah di Saonek Monde. Saonek Monde merupakan pulau tersembunyi yang terletak sekitar 10 menit menggunakan speedboat dari Kali Wasai.

Terlepas dari semua hal itu, keindahan alam di Pulau Raja Ampat masih terjaga dengan baik meskipun sudah sering dikunjungi wisatawan. Wajar rasanya jika ada orang yang pernah ke Raja Ampat ingin kembali berwisata di tempat ini. Perjalanan panjang dan berliku akan terbayarkan dengan semua keindahan yang ditawarkan sehingga membuat tubuh rileks dan segar kembali untuk beraktivitas.


Kehidupan Laut yang Memukau dan Beragam

Keindahan yang ditawarkan wisata Raja Ampat bukan hanya bisa ditemukan di atas permukaan saja. Pesona sesungguhnya dari Raja Ampat justru terletak di dalam lautan. Snorkling dan diving menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika memutuskan mengunjungi Raja Ampat. Tempat ini memiliki sekitar 75% koral atau terumbu karang yang ada di lautan dunia.


Wisata Sejarah Purba

Raja Ampat bukan hanya sekedar wisata alam saja karena ternyata ada situs purba yang layak untuk dikunjungi. Di sebuah gua karst di Kampung Harapan Jaya Pulau Misool ditemukan lukisan telapak. Selain itu, sisa-sisa sejarah purba juga bisa dilihat dan dinikmati di perairan Teluk Kabul. Terdapat beberapa sisa artefak berupa batu tulis peninggalan zaman purba kala.

Di sana juga terdapat gua alam yang dindingnya dipenuhi gambar yang mirip manusia, kapal laut dan binatang mirip cicak hingga kadal. Dari wisata Raja Ampat ini bisa diketahui bahwa sudah ada beradaban manusia yang hidup dan berkembang. Bagi yang tertarik dengan sejarah, tentunya tempat-tempat seperti ini akan sangat menarik untuk dikunjungi hingga dipelajari lebih jauh.


Adat dan Tradisi Raja Ampat

Alasan lain kenapa Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata dengan tingkat pengunjung tinggi adalah adat dan tradisinya yang patut dipelajari, sama seperti sejarahnya. Dengan pulau-pulau yang terpisah dan terbilang berukuran kecil-kecil, menjadikan Raja Ampat kawasan yang kaya akan suku adat. Tercatat ada sampai 12 suku adat yang menghuni kepulauan ini sehingga butuh berhari-hari untuk mengenal semuanya.

Jangan hanya mengenal suku adatnya saja, kenali juga tradisi yang dimiliki masyarakat di kepulauan ini. Karena tempatnya yang merupakan kepulauan, masyarakat yang tinggal di sini kebanyakan memiliki profesi sebagai nelayan. Keunikannya terletak pada cara para nelayan menangkap ikan yaitu menggunakan tombak. Cara unik ini menjadi salah satu daya tarik dan objek wisata tersendiri.


Burung Cendrawasih Menari

Papua memiliki salah satu burung khas yang hanya bisa ditemukan di pulau paling timur Indonesia ini. Burung tersebut adalah cendrawasih dan Anda bisa menemukannya di beberapa desa wisata Raja Ampat yang memang sengaja dibuat. Atraksi paling utama di desa wisata ini adalah atraksi cendrawasih menari di mana cendrawasih jantan mencoba menarik perhatian cendrawasih betina.

Pertunjukan cendrawasih menari ini bisa dinikmati pada jam-jam khusus saja. Jika Anda berminat menikmati pertunjukan langka ini maka datanglah ke desa wisata pada pukul 7 hingga 9 pagi Waktu Indonesia Timur atau pada pukul 4 hingga 5 di sore hari Waktu Indonesia Timur. Pertunjukan yang mungkin hanya bisa dinikmati sekali seumur hidup ini jangan sampai dilewatkan begitu saja.


Penduduknya yang Ramah

Daya tarik terakhir yang ditawarkan oleh tempat wisata Raja Ampat adalah para penduduknya yang ramah. Anda bisa merasakan keramahan ini jika memilih menginap di home stay yang dikelola langsung oleh penduduk setempat. Selain merasakan keotentikan suasana Raja Ampat, Anda juga bisa mendapatkan informasi yang bahkan mungkin tidak bisa Anda temukan di internet.

Post a Comment for "Pesona Wisata Raja Ampat, 6 Alasan Kepulauan Ini Jadi Idola Wisatawan"

Berlangganan via Email