Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjelajah 6 Wisata Pantai di Papua


Menjelajah 6 Wisata Pantai di Papua – Tidak ada yang bisa membantah bahwa Papua memiliki keindahan alam tiada tara. Pulau yang berada di sisi timur Indonesia ini memiliki kekayaan alam terutama lautannya. Semua orang pasti sudah mengenal Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wajib ketika ke Papua. Akan tetapi, wilayah perairan dan pantai di Papua bukan hanya itu saja. Pantai mana saja yang layak di kunjungi?


Pantai Bosnik



Pantai pertama yang wajib di kunjungi ketika bertandang ke Papua adalah Pantai Bosnik. Pantai ini letaknya tidak jauh dari kota Biak sehingga tidak akan sulit menemukannya. Karena lokasinya yang dekat dengan kota juga, Pantai Bosnik menjadi salah satu pantai yang paling ramai di kunjungi. Pantai ini memiliki air laut yang jernih serta pasir yang putih.

Ketika melakukan wisata pantai di Pantai Bosnik, jangan hanya bermain di daratan atau pesisir saja. Sempatkan diri juga untuk menyelam, menikmati keindahan biota laut yang tidak kalah indah dari Raja Ampat. Jika lelah, nikmati kesegaran kelapa muda yang banyak di jual di sekitar pinggiran pantai. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu saja.


Pantai Batu Pica

Selain Pantai Bosnik, Biak memiliki pantai lain yang tidak kalah indah dan menarik. Pantai tersebut adalah Pantai Batu Pica atau Pantai Batu Gong yang tepat menghadap bibir Samudera Pasifik. Yang menjadi daya tarik utama di pantai ini adalah batu karang yang bentuknya seperti potongan meja di pinggir pantai. Keberadaan potongan karang besar ini berfungsi sebagai pemecah ombak.

Ketika sedang pasang, semburan air yang tercipta bisa mencapai tinggi 15 meter. Pantai ini didominasi karang tajam namun airnya yang berwarna biru sangatlah jernih. Akan tetapi, karena ada banyaknya bebatuan karang, sangat tidak di sarankan untuk bermain air dan lebih baik bermain di pinggiran pantai atau menikmati keindahannya saja. Untuk menikmati pantai ini tidak di pungut biaya sepeserpun alias gratis.


Pantai Harlem


Pasir putih sepertinya menjadi cirri khas tempat wisata pantai di Papua karena Pantai Harlem pun menawarkan keindahan pantai putih. Pantai ini berada di wilayah Jayapura akan tetapi harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan perahu selama 15 menit dari dermaga Depapre. Perjalanan kepantai ini tidak akan sia-sia karena terbayarkan dengan keindahan surge tersembunyi di Papua ini.

Salah satu keunikan dari pantai ini adalah adanya kolam air tawar yang jaraknya sekitar 7 meter dari bibir pantai. Kolam itu berisi beberapa macam ikan yang bisa Anda pancing atau cukup menikmati sebagai sebuah pemandangan. Air ini juga bisa di gunakan sebagai air bilasan setelah Anda puas bermain dengan air laut. Biaya tiket yang harus di bayar untuk bisa masuk ke pantai ini adalah 20 ribu rupiah.


Pantai Amai


Sama halnya dengan daerah Biak, wisata pantai yang ada di Jayapura juga tidak hanya satu. Ada pantai yang cukup terkenal dengan pemandangan yang tidak kalah indah dari pantai lainnya di Papua bernama Pantai Amai. Jalanan menuju lokasi pantai cukup terjal sehingga membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai lokasi. Dari lokasi parkir, pengunjung harus melanjutkan berjalan kaki sejauh 200 meter.

Pantainya yang landai dan dikeliling pepohonan membuat pantai ini cocok di jadikan untuk bersantai dan bermain. Apalagi fasilitasnya cukup lengkap dengan adanya lapangan voli, penyewaan alat aktivitas air dan tidak lupa ada juga penginapan. Pantai yang merupakan pertemuan air tawar dan air laut ini memiliki muara air tawar di ujung pantai. Keluarkan uang 25 ribu untuk membeli tiket masuk.


Pantai Pulau Venue


Setelah Biak dan Jayapura, Anda bisa bergerak ke Kaimana untuk menjajal pantai selanjutnya. Di Kaimana Anda bisa bekunjung ke Pantai Pulau Venue yang memiliki pasir pantai putih yang halus yang berpadu indah dengan air laut jernih.Butuh waktu tempuh 3 hingga 5 jam perjalanan dari kabupaten Kaimana untuk bisa sampai di pantai ini.

Pantai ini merupakan salah satu lokasi tempat penyu belimbing bertelur sehingga jika Anda datang wisata pantai ke Pulau Venue di waktu yang tepat, Anda bisa melihat para penyu bertelur atau penyu baru menetas. Selain tempat bertelur bagi penyu belimbing, pantai ini juga tempat bertelur burung Maleo. Tempat ini juga merupakan spot menarik untuk snorkeling atau diving karena memiliki terumbu karang yang indah.


Pantai Yen Baba

Terakhir, untuk jelajah pantai di Papua, rasanya kurang lengkap jika tidak datang ke Pantai Yen Baba. Lokasinya dekat dengan pusat kota Manokwari sehingga tidak sulit untuk mencapainya. Sesuai namanya, Yen Baba yang berarti pasir putih, pantai ini memiliki pasir yang putih juga air yang jernih. Anda bisa berenang, bermain air atau sekedar menikmati kegiatan di pinggir pantai.

Melakukan wisata pantai di Papua berarti Anda akan di manjakan oleh pasir putih hampir di setiap pantainya. Jadikan kunjungan Anda ke Papua menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Post a Comment for "Menjelajah 6 Wisata Pantai di Papua"

Berlangganan via Email