Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Papua Selain Pantai yang Harus Diketahui

destinasi wisata papua selain pantai yang harus diketahui
destinasi wisata papua di alam bebas

Ada ragam destinasi wisata Papua sangat menarik. Beberapa di antaranya bahkan ditetapkan sebagai keajaiban dunia karena menyimpan hewan serta tumbuhan eksotis yang tidak banyak dimiliki tempat lain. Terdapat kawasan konservasi berupa suaka alam dengan bentang cukup luas. Berbagai spesies langka sangat mudah ditemui di sini.

Keanekaragaman hayati dan iklim yang cocok membuat kawasan ini menjadi habitat berbagai fauna khas. Salah satunya cukup terkenal yaitu kanguru pohon. Ada ratusan lebih jenis burung serta mamalia yang bertempat tinggal di berbagai kawasan Pulau Papua. Sehingga tidak heran banyak taman nasional dan area konservasi di sini.

Selain dijadikan sebagai kawasan konservasi, beberapa wilayah menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terutama jika Anda ingin menyaksikan ragam flora dan fauna khas wilayah ini. Banyak kawasan wisata terkenal dan hampir tidak ada di tempat lain sehingga kegiatan berwisata jadi semakin menarik.

Taman Nasional Wasur sebagai Destinasi Wisata Papua

Tujuan wisata cukup terkenal di Papua yaitu Taman Nasional Wasur. Kawasan ini terdiri dari padang sabana dan tanaman lainnya. Beberapa jenis vegetasi yang cukup terkenal di taman nasional yaitu hutan sagu, padang rumput serta jenis lain. Bahkan beberapa jenis spesies mangrove menjadi tanaman dominan.

Terdapat lahan basah sebagai kawasan paling produktif dan menjadi penyedia makanan bagi banyak jenis biota laut. Satwa migran seperti burung menjadi daya tarik tersendiri di Taman Nasional Wasur. Selain itu keberadaan Danau Rawa Biru menjadi tempat pusat kehidupan para satwa.

Taman Nasional Wasur selain menjadi destinasi wisata Papua menarik juga merupakan lokasi cocok untuk melakukan pengamatan terutama dari berbagai binatang langka. Sebagai padang sabana, Taman Nasional Wasur menjadi paling luas dan terbesar di Indonesia. Sehingga tidak heran jika keanekaragaman hayatinya sangat kaya.

Sebagai tempat bersinggah berbagai jenis burung, kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan wilayah pengamatan. Pengelolaannya menggunakan sistem zonasi berupa zona inti, rimba, pemukiman hingga pemanfaatan intensif. Berbagai satwa yang dilindungi dapat secara mudah ditemukan disini. Selain mengamati flora dan fauna, Anda juga bisa mengenal budaya sekitar.

Baca Juga: 3 danau besar yang berada di dataran tinggi meeuwo

Menikmati Keindahan Alam dari Taman Nasional Lorentz

Destinasi wisata Papua berupa Taman Nasional Lorentz menawarkan keindahan yang tidak bisa dijumpai di tempat lainnya. Terletak di Wamena, Lorentz national park terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO. Selain menyimpan sejuta keindahan, kawasan ini juga menyimpan mineral cukup besar. Terdapat area konservasi dan warisan ekologi di sekitar kawasan.

Menawarkan keanekaragaman hayati yang sangat lengkap kawasan ini juga memiliki keunggulan lain. keberadaan gletser pada daerah tropis memberi nilai tersendiri Taman Nasional Lorentz. Terdapat puncak gunung yang diselimuti oleh salju yang membuatnya terlihat istimewa. Selain itu terbentang hutan bakau di pesisir pantai dengan vegetasi tinggi.

Ditetapkannya Lorentz sebagai taman nasional disebabkan ada beragam biota yang hidup di dalamnya. Salah satu cukup terkenal yaitu keberadaan hutan rawa dengan vegetasi berjumlah sangat banyak. Terdapat juga hutan gambut dan sagu hingga hamparan padang rumput yang membentang. Ragam satwa pada kawasan ini juga tidak kalah menarik.

Mendaki Puncak Wijaya yang Terkenal

Destinasi wisata Papua paling terkenal yaitu Puncak Wijaya atau yang lebih dikenal Piramida Carstensz. Sebagai bagian dari barisan Sudirman, Puncak Wijaya memiliki gletser Carstensz. Keberadaan gletser ini menjadi sangat unik sebab satu-satunya di daerah tropis. Puncak Wijaya juga menjadi gunung paling tinggi di Indonesia.

Bahkan keberadaannya menjadi bagian dari tujuh puncak paling tinggi di dunia. Jika Anda menginginkan wisata dengan pemandangan tidak mudah ditemukan di tempat lain, Puncak Wijaya jadi pilihan paling tepat. Selain keberadaan salju abadi, wilayah ini juga memiliki pemandangan begitu eksotis.

Mendaki Puncak Wijaya jadi pilihan terbaik bagi Anda menyukai kegiatan ini. Terlebih dengan keberadaan salju abadi yang tidak bisa ditemui pada tempat lain di Indonesia. Hal tersebut tentu memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda dalam menjelajah keindahan alam dimiliki oleh Indonesia.

Danau Habema di Kaki Gunung Trikora

Jika Anda menginginkan destinasi wisata Papua menarik lainnya maka Danau Habema dapat menjadi pilihan menarik. Keberadaan danau ini bahkan menjadi paling tinggi di Indonesia. Itu sebabnya tidak jarang tujuan wisata ini dikenal dengan sebutan danau di atas awan.

Bagi masyarakat sekitar keberadaan danau dianggap sebagai tempat keramat. Hal tersebut terjadi lantaran kawasan sekitar danau subur dan menjadi sumber kehidupan. Selain itu, sekitar danau juga memiliki pemandangan sangat indah dengan padang rumput yang membentang. Berbagai tanaman endemik sangat mudah ditemui disini.

Tumbuhan seperti anggrek hitam juga terdapat disini. Jika beruntung Anda memiliki kesempatan untuk menyaksikan burung khas Papua yaitu cenderawasih. Danau ini juga banyak dijadikan tempat singgah sebelum melanjutkan pendakian Pegunungan Wijaya dengan suhu yang cukup rendah.

Papua dikenal dengan keindahan alam eksotis dan menawan. Ragam bentang alam tersebut dapat menjadi tujuan wisata menarik dikunjungi baik untuk menyaksikan keindahannya maupun keunikan khas. Destinasi wisata Papua baik berupa taman nasional maupun Puncak Wijaya bisa menjadi pilihan menarik.

Post a Comment for "Destinasi Wisata Papua Selain Pantai yang Harus Diketahui"

Berlangganan via Email