Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aktivitas Menarik di Raja Ampat Papua, Surganya Wisata

raja ampat papua, surganya tempat wisata

Raja Ampat Papua merupakan kawasan yang berupa gugus kepulauan. Terdapat empat pulau paling besar dengan lokasi berdekatan yaitu Batanta, Salawati, Waigeo dan Misool. Secara administrasi kawasan ini merupakan bagian dari Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat sebagai surganya para penyelam sebab menawarkan keindahan bawah laut begitu menakjubkan.

Sebagai kawasan dengan gugus pulau, kepulauan ini menjadi tujuan menyelam palung menarik dan sangat terkenal hingga mancanegara. Nama Raja Ampat sendiri berasal dari sebuah mitos yang cukup terkenal di kalangan masyarakat sekitar mengenai lahirnya empat raja. Selain sebagai tujuan wisata, kawasan ini memiliki banyak potensi.

Selain dikenal sebagai tujuan wisata untuk diving terbaik, kawasan ini juga menyimpan beragam keindahan berupa flora dan fauna. Dalam sebuah penelitian menyatakan jika kawasan ini memiliki setidaknya 75 persen dari keseluruhan terumbu karang dunia. Sehingga tidak heran menjadikannya sebagai tempat diving terbaik.

Menjelajahi Kepulauan Raja Ampat Papua

Untuk dapat merasakan keindahan yang ditawarkan, Anda perlu melakukan berbagai aktivitas wisata. Salah satunya yaitu dengan menjelajahi empat gugus pulau paling terkenal. Setiap tempat menawarkan keindahan yang sangat sulit untuk dilewatkan. Dengan melakukan penjelajahan, Anda bisa menyaksikan monumen yang tercipta secara alami dengan bentuk menarik.

Batu pensil memiliki bentuk menarik dari karang yang menjulang. Berada di Teluk Kabai, keberadaan Batu Pensil menjadi ikon yang cukup populer. Setiap tempat di kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain menyimpan keindahan laut, terdapat bentang pulau dengan pepohonan.

Anda dapat menjelajah gugusan batu karang dan menikmati keindahan pasir putih di sepanjang kawasan. Di Raja Ampat Papua terdapat tempat cukup terkenal untuk menikmati pasir putih. Di tempat tersebut Anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

 Tempat wisata lain yaitu air terjun Batanta. Pada air terjun Batanta Anda dapat menyaksikan berbagai biota khas Papua seperti burung Cendrawasih. Nuansa segar dapat secara mudah diperoleh di kawasan sehingga sangat cocok dijadikan tempat berlibur sekaligus melepas penat. Banyak tempat di Raja Ampat yang menarik untuk dijelajahi.

Baca Juga: Yoboi kampung wisata di atas danau Sentani

Menyelam di Laut Raja Ampat Papua

Berwisata di kepulauan Raja Ampat kurang lengkap tanpa melakukan aktivitas diving. Wisata bawah laut di kawasan ini cukup terkenal. Terdapat beragam spesies biota laut yang menambah keindahan kawasan ini. Ada setidaknya lebih dari ribuan jenis ikan dan ratusan karang yang bisa Anda saksikan dengan melakukan aktivitas menyelam.

Wilayah bawah laut Raja Ampat merupakan surganya para pecinta diving. Sebab beragam keindahan ditawarkan di sini. Dengan melakukan aktivitas menyelam, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu hewan eksotis laut seperti ikan pari dan lain sebagainya. Terlebih ekosistem laut dari kawasan tersebut masih begitu alami dan dijaga.

Ada banyak lokasi untuk menyelam di kepulauan agar kegiatan diving semakin nyaman dilakukan. Selain diving, kegiatan seperti snorkeling juga menjadi pilihan menarik untuk menikmati keindahan laut Papua. Sehingga sangat sayang berkunjung ke Raja Ampat tanpa melakukan kegiatan diving atau snorkeling terutama dengan pesona yang ditawarkan.

Menikmati Panorama Alam yang Menarik

Selain kegiatan seperti menjelajah atau menyelam, Anda bisa menikmati panorama alam Raja Ampat Papua di beberapa tempat secara khusus. Pianemo menjadi salah satu lokasi tepat untuk menikmati bentang alam Papua. Di kawasan ini, Anda bisa secara mudah menyaksikan bentang alam yang ditawarkan dari mulai laut hingga gugus pulau sekitar.

Pianemo juga menjadi lokasi terbaik untuk berfoto atau bersantai sambil dikelilingi pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Gugus batu karang di sekitar kawasan dapat secara mudah disaksikan pada satu area. Objek wisata Pianemo menjadi lokasi tepat untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

Menikmati panorama alam Raja Ampat dari Pianemo menjadi aktivitas cukup menarik. Hal tersebut juga bisa menjadi pilihan menarik selain aktivitas menjelajah maupun menyelam. Anda hanya perlu berada di satu tempat dan bisa menikmati berbagai pesona yang ditawarkan secara menarik.

Mengunjungi Wayag yang Terkenal di Papua

Kegiatan menarik lain yaitu mengunjungi Wayag. Wayag merupakan tempat wisata terkenal di Raja Ampat Papua. Objek wisata ini sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan sebab menawarkan pemandangan begitu menawan. Selain bisa menikmati keindahan dari laguna Wayag, Anda juga dapat melihat area nursing ikan pari manta.

Karena menjadi kawasan pemeliharaan ikan, berbagai aktivitas di Wayag seperti jet ski tidak diperbolehkan. Selain ikan pari, Anda juga bisa menyaksikan penyu di kawasan ini. Keberadaan kedua hewan tersebut menjadikan Wayag sebagai tempat wisata yang begitu menjaga kelestarian alam. Keasrian dari kawasan ini juga masih begitu terjaga.

Wayag menjadi ikon cukup populer dari Raja Ampat berupa jajaran karang yang cukup menawan. Panorama alam di sekitar kawasan sangat sayang untuk dilewatkan. Meski begitu, untuk bisa berwisata di Wayag Anda harus memiliki tubuh yang prima karena agar dapat mencapainya perlu melewati batuan.   

Raja Ampat menjadi kawasan wisata yang cukup terkenal baik di Indonesia maupun dunia. Ada beragam aktivitas menarik dapat dilakukan di sana dari mulai menjelajah pulau hingga wisata bawah laut seperti menyelam dan snorkeling. Raja Ampat Papua menawarkan keindahan alam yang begitu dijaga keasliannya.

Post a Comment for "Aktivitas Menarik di Raja Ampat Papua, Surganya Wisata"

Berlangganan via Email