Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunjungi 5 Sungai Jayapura Gratis

Banyak sekali alam bebas di sekitar Jayapura yang bila di kunjungi kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, baik itu di pinggir pantai, danau, maupun di pegunungan yang sekitaran Jayapura. Pada uraian berikut  akan di jelaskan  5 sungai Jayapura yang dapat di kunjungi tanpa mengeluarkan biaya besar ataupun dapat di katakan gratis karena sebagian dari 5 sungai Jayapura ini dapat di kunjungi tampa mengeluarkan uang.


1. Kali Harapan

Sungai ini biasanya bilang kali harapan oleh masyrakat pada umumnya karena berada di kampung harapan Kabupaten Jayapura. Pada hari libur tempat ini biasanya ramai dengan pengunjung yang datang dari kota Jayapura maupun masyarakat yang berada di kampung sekitar sini.

Jaraknya 20 menit perjalanan dari Bandar udara Sentani dengan mengunakan mobil,  tempatnya berada di distrik Jayapura selatan kampung harapan.


Bila ingin berlama di tempat ini anda perlu membawa makanan dari rumah kami tidak ada tempat jualan di sekitaran kali harapan. 

Sungainya masih alami belum di cemari dengan sampah sebagai sungai yang mengalir dari pegunungan airnya dingin dan segar, sepanjang kali harapan banyak pepohonan dan tumbuhan hutan lainnnya. 
Agar tetap menjaga kelestarian hutannya, jangan menebang atau memotong sembarang tumbuhan yang ada di sekeliling tempat ini.

2. Kali APO

Biasanya masyarakat yang ada di sekitar jayapura menyebutnya kali APO, sungai ini mengalir dari pegunungan bhayangkara. Sekeliling kali ini banyak bebatuan besar yang seakan menjadi tembok sepanjang aliran air.

Kali APO ini berada dekat dengan pusat kota Jayapura, dari taman Imbi atau depan kantor DPR Provinsi Papua hanya 10 menit jaraknya bila menggunakan mobil.

salah satu dari 5 Sungai Jayapura ini mengalir hingga ke laut dok 2 Jayapura, hilirnya masih alami dan biasanya di kunjungi oleh warga namun tidak begitu ramai karena cukup berbahaya dengan bebatuan yang ada di sekeliling Kali ini.

3. Kali Kamwolker

Kali Kamwolker adalah salah satu sungai yang mengalir dari pegunungan sicklop hingga ke danau Sentani, tempat ini dapat di kunjungi kapan saja dan tidak begitu jauh dari ramaian warga Abepura Jayapura. Jarak dari terminal umum expo Waena ke kali kamwolker hanya 10 menit perjalanan mengunakan mobil. Di kali Kamwolker ada tempat parkir motor dan mobil namun keamanannya kurang terjamin karena tukang parkir tidak selalu menjaga parkiran jadi akan lebih baik bila memiinta supir untuk menjaga mobil.

Tempat ini memang indah karena air sungai dan hutannya masih alami belum tercemar dari sampah dan barang kimia lainnya, sebagai sungai yang berada di bawah pepohonan kita dapat mendengar kicauan burung ketika sedang berada disini.

4. Air Pancuran Buper

Air pancuran Buper ini berada di area bumi perkemahan (Buper) Waena, tempat ini tidak di ketahui orang pada umumnya jadi pengujungnya tidak begitu banyak karena tempatnya yang berada di tempat sunyi.
Salah satu dari 5 sungai Jayapura ini juga tidak jauh dari terminal umum Expo Waena jadi dari terminal anda hanya memerlukan 5 menit perjalanan dengan mobil untuk sampai ke air pancuran Buper.

Ada tempat parkir kendaraan yang tidak jauh dari air terjun walaupun tidak ada penjaganya tetap aman karena kita sendiri dapat melihat dari air terjun.

Tempat ini tidak begitu ramai oleh pengunjung jadi tidak ada penjual atau cafe di sekitar ini jadi jika ingin berkunjung anda tidak akan mendapat minum makan di sini jadi bawah bekal makanan dari tempat tinggal anda.

Bila berkunjung ke tempat ini jangan membuang sampah ke sungai walaupun tidak di sediakan tempat sampah jangan mencemari sungai dengan sampah agar tetap terjaga keindahannya.

5. Air Terjung Siklop

Sepanjang pingirang gunung siklop mengalir beberapa sungai  yang sering di kunjungi warga salah satunya ialah air terjung siklop sebutan warga sentani. 

Tempat ini tidak jauh dari Bandar udara Sentani, hanya 20 menit perjalan untuk sampai, sebenarnya hanya 10 menit namun dari tempat parkir mobil anda harus berjalan kaki hingga ke air terjun kurang lebih 10 menit.

Air Terjun Siklop, kunjungi 5 sungai di Jayapura

Air terjunnya kurang lebih 20 meter ketinggiannya, airnya sangat jernih dan masih segar tanpa ada pencemaran. 

Biasanya masyarakat jayapura berkunjung tempat ini namun dengan hati-hati karena batunya licin, apalagi bila malamnya hujan namun cepat kering dengan matahari pagi tetapi anda harus tetap berhati-hati.

Bilag anda berkunjung ke 5 sungai di Jayapura ini, jangan membuang sampah di sembarang tempat, walaupun tidak di sediakan tempat sampah di pinggiran sungai, anda sebagai pengunjung usahakan supaya tidak membuang sampah di sungai atau membiarkan bertebarang di pinggir sungai-sungai ini, agar alam tetap terlihat indah dan bersih, kita menjaga kebersihan bersama. 

Kalau masih penasaran dengan keindahan alam lainnya di Papua atau Jayapura selain dari 5 sungai ini anda dapat berkunjung kesini, ada berbagai tempat menarik yang dapat menjadi destinasi anda.

Diatas adalah 5 Sungai Jayapura yang dapat di kunjungi tanpa mengeluarkan biaya Besar atau gratis, bila anda ingin bertanya seputar tempat-tempat silahkan bertanya di kolom komentar.

Post a Comment for "Kunjungi 5 Sungai Jayapura Gratis"

Berlangganan via Email