Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pholeuw Park, Taman Indah Pinggir Danau Sentani


Pholeuw Park, Taman Indah Pinggir Danau Sentani

Kabupaten Jayapura kini semakin banyak menyediakan tempat-tempat hiburan bagi masyarakat yang berada di kota Khenambay umbay maupun orang yang datang dari luar, salah satunya dengan di resmikannya Taman Pholeuw atau Pholeuw Park.

Pholeuw Park adalah salah satu taman baru yang di buat atas kerja sama masyarakat setempat dan pemda kabupaten Jayapura, tempat ini lalu hanyalah sebuah bukit yang berada di pinggirang jalan raya Sentani-Abepura namun kini telah di ubah menjadi taman yang indah yang selalu ramai dengan pengunjung.

Hal yang tidak Anda Ketahui tentang Pholeuw Park

Tentu saja setiap taman yang di buat memiliki makna-makna atau maksud tersendiri dari pemberian nama, gambar-gambar yang di buat serta bentuk tempat.

Sebenarnya orang tidak sembarang membuat taman, bisa jadi orang membuat taman pada awalnya sekadar membuat tapi pada umumnya bentuk dari tempat itu sedang memberitahukan kepada pengunjung suatu pelajaran.

Apakah kalian pikir taman-taman yang pernah kalian kunjungi memiliki nilai tersendiri dari setiap hal yang dapat temukan di sebuah taman?

Bila kalian setuju dengan saya bahwa setiap taman memiliki makna tersendiri dari setiap bentuk yang ada disana maka jangan lupa tanya-tanya kepada penjaga taman maksud dari di buat taman itu atau arti dari gambar atau nama yang di pilih.

Dari semua yang di buat, tentu saja mereka sedang menyampaikan sesuatu secara tidak langsung, mungkin tentang budaya setempat, simbol yang menunjukkan tempat itu ataupun menunjukkan apa yang biasanya di buat masyarakat setempat pada waktu yang lalu.

Di bawah adalah penjelasan singkat hal yang mungkin anda tidak ketahui tentang taman Pholeuw Sentani:

Pholeuw Park

Nama Pholeuw untuk taman ini, di berikan sesuai dengan nama tempatnya, tempat ini sebelum di jadikan taman orang mengenal dengan sebutan telaga maya yang tempatnya berada sebelum Pholeuw dari arah Abepura dan sering juga orang menyebut telaga ria yang berada kurang lebih 200 meter di depan Pholeuw.

Kini setelah di buat Pholeuw Park orang mengenal tempat ini dengan sebutan namanya yaitu Pholeuw, kemungkinan kedepannya orang tidak akan menyebut tempat ini dengan telaga maya maupun telaga ria karena orang sudah mengenal tempat ini setelah di buat taman.

Iy Isaaha Yebheiy

Bila kalian berkunjung ke Taman Pholeuw kalian akan lihat sebuah tulisan di bawah gambaran Matahari "iy Isaaha Yebheiy" pada umumnya orang yang bukan berasal dari tempat ini tidak mengerti arti kata ini.

Dari cerita warga di tempat ini bahwa tempat yang kini telah menjadi taman, sebelumnya adalah gunung jadi ketika orang mau lihat matahari terbit atau terbenam biasanya orang naik ke bukit ini, jadi kata "iy isaaha Yebheiy" dapat di artikan tempat matahari terbit.

Nama ini di ambil untuk mengenang apa yang biasanya di lakukan masyarakat setempat sebelum gunung ini di ratakan menjadi taman bahwa mereka selalu ingin melihat matahari di tempat ini.

Pholeuw Park, Taman Indah Pinggir Danau Sentani


Pholeuw Park, Taman Indah Pinggir Danau Sentani

Gambaran Motif Papua

Tentu saja di taman ini juga ada tempat duduk yang biasa di jadikan tempat nongkrong para pengunjung, di sekeliling tempat-tempat duduk disini ada gambar motif-motif Papua yang menunjukkan budaya dan keindahan alam Papua.

Selain itu di tembok-tembok di lukis pemandangan indah danau sentani dan matahari terbenam dan terbit yang juga menunjukan kebiasan masyarakat disini sebelum tempat ini di jadikan taman yang indah.

Tempat-tempat disini memang paling mantap untuk di jadikan background foto, apalagi di tempat ini tidak di punggut biaya kalau mau mengambil gambar.


Keamanan Tempat

Orang yang belum pernah berkunjung ke tempat baru tentu saja salah satu hal yang biasanya di pertimbangkan adalah soal keamanan, di taman Pholeuw keamanannya terjamin karena ada petugas yang menjaga, di tempat parkir maupun di taman.

Bila kalian ingin berkunjung silahkan berkunjung saja, yang dapat menjadi perhatikan adalah jangan mencoba untuk melompat ke danau hahaha..... karena jarak dari taman ke danau cukup jauh. Saat berfoto begitu jangan bergeser sampai ke ujung-ujung taman yang di bawahnya jurang.

Biaya Berkunjung

Kalian kalau berkunjung kesini, biasanya ada petugas yang akan menjaga kendaraan jadi kalian harus membayar karcis parkir, namun karcis ini tidak cukup mahal hanya Rp.2000 untuk permotor dan Rp.5000 untuk permobil.

Sekitaran taman ini ada pedagang kaki lima yang berjualaan sehingga kalau kalian ingin membeli minuman ataupun makan harga cukup terjangkau sehingga kalian juga dapat mencicipi jualan mereka.

Anda juga Membaca: Taman Imbi Jayapura

Jangan di Lakukan saat Berkunjung

ketika anda membaca bagian judul ini, mungkin merasa di ancam sebelum berkunjung. sebenarnya hal ini bukan untuk menakut-nakuti tapi hal yang perlu menjadi perhatian kalian ketika berkunjung ke Pholeuw Park.

ada beberapa hal yang perlu di ketahui agar tidak di lakukan disini:

Pertama: Jangan Membuang Sampah Sembanrang

Kebersihan dan keindahan taman ini adalah tanggung jawab bersama sehingga saat berkunjung ke taman ini jangan membuang sampah di sembarang tempat apalagi ke arah danau. 

Taman ini tidak melarang pengunjung makan dan minum tapi kita bersama-sama menjaga alam kita aga tetap bersih dan nyaman dengan membuang sampah pada tempatnya.

Kedua: Jangan Parkir Sembarang

Jangan parkir di sembarang tempat karena taman ini berdekatan dengan Jalan raya Sentani-Abepura yang dapat di katakan muda untuk orang kecelakaan atau terjadi kemacetan bila parkir kendaraan sembarang.

Taman yang biasanya di sebut juga iy isaaha yebheiy ini memiliki tempat parkir jadi kalau berkunjung dapat parkir kendaraan di tempatnya. 

Ketiga: Jangan Coret atau Foto dari Batas yang ada

Kita sebagai pengunjung ketika datang kesini jangan sembarangan coret-coret di tembok-tembok yang telah di warnai dengan indah. 

Kemudian ketika mengambil foto jangan melewati batas-batas yang ada karena dapat membahayakan anda sehingga kalau ingin mengambil gambar ambil saja dari tempat-tempat yang nyaman.


Tentu saja sebagai seorang pengunjung harus menjunjung tinggi tatak ramah dan kesopanan dan hal lainya yang bersifat saling menghormati saat berkunjung, mungkin 3 hal di atas dapat menjadi perhatian kalian sebagai pengunjung.


Alamat Pholeuw Park

Bagi kalian yang belum mengetahui tempatnya, Pholeuw park berada di Jalan raya Sentani-Abe. Pholeuw Asei Kecil Sentani, Jayapura-Papua.



Post a Comment for "Pholeuw Park, Taman Indah Pinggir Danau Sentani"

Berlangganan via Email