Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semakin Keren Wajah Baru Pantai Kupang Jayapura

Pantai Kupang atau Gubernur Dok II, Jayapura-Papua


Siapa yang tidak mengetahui kursi panjang Jayapura? bagi anak-anak muda Jayapura, kalau sudah datang sore tempat ini biasanya di jadikan sebagai tempat nongkrong sehingga tidak di ragukan lagi bila sebagian besar anak-anak muda telah mengetahui tempat ini.


Kupang adalah sebutan untuk Kursi panjang yang berada di sepanjang pantai Gubernur provinsi Papua, dok II, Jayapura. pada umumnya masyarakat menyebut tempat ini “Kupang” akronim kata dari “kursi panjang”.

Nama tempat ini adalah pantai Gubernur namun masyarakat lebih mengenal dengan sebutan kupang jadi kalian yang baru mau berkunjung kesini untuk menyebutkan pantai ini kalian boleh menyebutnya dengan pantai kupang maupun pantai Gubernur sering juga orang menyebut pantai dok 2.

Wajah baru Kupang

Belakangan ini karena pandemi covid 19 jarang datang ke tempat ini, setelah beberapa hari lalu ketika lewat tempat ini ternyata segala sesuatunya telah berubah pepohonannya tidak seperti yang lalu demikian juga dengan kursi panjang yang lama kini telah berubah, memang kelihatan semakin keren wajah baru pantai kupang Jayapura.

Pantai Gubernur atau tempat yang biasanya di sebut dengan pantai kupang oleh warga setempat ini, kini telah di renovasi sehingga tidak terlihat wajah yang lama.

Kalian yang sebelumnya pernah kesini akan mengetahui hal apa saja yang berubah, adapun beberapa barang yang diganti yaitu kursi, tempat duduk yang lama hanya dengan semen tanpa keramik, kini telah di tambah dengan keramik sebenarnya tidak hanya di tambah namun kursi yang lama yang di buat dengan semen telah di hancur dan di buat baru.

Selain itu pohon-pohon rimbung yang ada di pinggirang pantai Gubernur kini sudah tidak ada lagi semuanya telah di cabut dan kini di ganti dengan pohon cemara dan pohon lainnya yang di tanam di depan kursi panjang di pot-pot yang di buat dengan semen.

Tempat-tempat sampah juga telah di ganti dengan baru dan di letakkan di depan kursi panjang, tempat sampah yang sekarang lebih besar dari yang lama, ada 2 tempat sampah yang di sediakan satu untuk sampah organik dan lainny untuk sampah nonorganic.

Hal yang belum di ubah dari Pantai Gubernur/Kupang


Sepanjang pantai gubernur telah di ubah dengan wajah baru namun beberapa tanaman atau tempat yang tidak berubah yaitu  Kelapa yang berada di depan gerbang utama kantor Gubernur belum di cabut serta layar yang biasanya menunjukkan cuaca wilayah atau daerah belum di bongkar.

Kedua sisi ujung dari pantai Gubernur juga belum berubah, di ujung utara masih terlihat taman-taman seperti yang lama kemudian di ujung selatan juga masih terlihat taman dan semen beserta anak tangga yang lama.

Bagaimana keramaian pengunjung


Keramaian pengunjung tidak kalah ramai setelah di renovasi walaupun di tengah pandemic namun masyarakat atau pengunjung yang datang ke tempat ini masih mengikuti anjuran pemerintah dan batasan-batasan yang di keluarkan agar tidak berada di luar hingga lewat jam 05:00.

Sebagaimana pantai gubernur atau kupang yang lama sebelum di renovasi selalu ramai dengan pengunjung. kini setelah di perbarui semakin banyak muda-muda, orang dewasa serta anak-anak yang berkunjung ke pantai ini.

Pada umumnya masyarakat datang kesini untuk duduk-duduk menikmati angin segar laut pasifik namun sebagian orang kesini untuk mandi di  air laut yang sering juga di sebut dengan pantai dok 2 ini.

Beberapa hal yang dapat menjadi perhatian

Ada beberapa hal yang dapat menjadi perhatian ketika anda berkunjung kesini:

1.             Jangan membuang sampah di sembarang tempat seperti di laut maupun di pinggirang pantai agar panorama laut dan keindahan sepanjang pantai kupang tetap terjaga. Di sepanjang pantai telah di sediakan tempat-tempat sampah jadi buanglah sampah di tempat-tempat itu.

2.             Kalian kalau datang untuk mandi janganlah mandi di tempat yang agak jauh dari kursi panjang agar keselamatan anda tetap terjaga, walaupun biasanya ramai pengunjung yang mungkin dapat membantu anda bila terjadi hal-hal yang membahayakan namun janganlah mandi terlalu jauh ke dalam laut.

3.             Jangan merusak barang-barang yang telah di rapikan baik oleh pemerintah seperti memotong pohon atau bungga yang di tanam, coret di kursi-kursi, memindahkan tempat sampah dan lainnya.

Kalian kalau penasaran untuk melihat langsung pantai gubernur atau kupang yang sering di sebut juga oleh masyarakat pantai dok 2 ini, kalian bisa langsung kesini.   

Alamat Pantai Kupang atau Gubernur

Alamatnya berada di depan Kompleks kantor Gubernur Provinsi Papua, Jl.Soa Siu. Dok 2 Jayapura Papua.

Post a Comment for "Semakin Keren Wajah Baru Pantai Kupang Jayapura"

Berlangganan via Email