Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tantangan Ikut Kegiatan Festival Mangga Golek Dormena


 

Perjalanan kami ke sebuah kampung yang berada di ujung Kabupaten Jayapura cukup menantang, awal perjalanan menuju kesana penuh dengan bahagia, tawa dan  lainnya pokoknya seru-seruanlah karena tempat ini belum pernah kami kunjungi tetapi sebelum sampai ke tempat Festival Mangga Golek Dormena segala-galanya bercampuran tantangan maupun kebahagian.

Ketertarikan menuju kesana karena banyak spanduk di sepanjang Sentani memuat info tentang kegiatan festival mangga golek, dari spanduk-spanduk yang di pasang itu kalau di lihat sangat mengiurkan. apalagi di adakan di tempat yang pernah di kunjugi.

Tempat kegiatannya festival mangga golek di kampung Dormena. Kampung ini adalah salah satu kampung yang berada di distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

Perjalanan menuju ke kampung ini memang menyenangkan karena sebagai orang yang baru berkunjung karena bisa menikmati sebagian kecil panorama alam Papua yang indah.

 

Bahagia Campur Tantangan Pulang-Pergi Kampung Dormena 

Perjalanan ke kampung ini cukup menantang juga karena sebelum sampai ke tempat festival mangga golek kampung Dormena jalan-jalannya rusak dan belum di perbaiki apalagi jalannya naik turun perbukitan.

orang yang datang ke tempat festival ini sangat banyak hingga berdempet-dempetan sedangkan tempat festival disana belum di sediakan tempat parkiran sehingga pengunjung memarkir kendaraan mereka di jalan-jalan yang membuat keluar masuk pengunjung sekamin sulit, bagimanapun para pengunjung harus menikmati suka-dukanya berada di kampung.

menurut beberapa orang di kampung belum ada kordinasi baik dari panitia kepada masyarakat yang berada di kampung Dormena sehingga masyarakat di kampung belum punya persiapan yang baik untuk menyambut para pengunjung. 

Ketika sampai di tempat kegiatan Festival mangga Golek Dormena hanya beberapa orang masyarakat yang menjual mangga tidak terlihat seperti sedang di adakan Festival mangga golek walaupun demikian karena ramainya pengunjung terlihat bila sedang diadakan festival mangga golek.

walaupun demikian kami tetap merasa bahagia karena dapat berkunjung ke tempat yang belum pernah kami kunjungi, sepanjang kampung ini memang indah dengan pantai laut Pasifik di pinggiran ada hamparan pasir serta batu-batuan di bawa pepohonan dan kelapa yang memperindah kampung.

 

 

Harga Mangga Golek di Tempat Festival

Terlihat para pengunjung merasa kecewa dengan Harga mangga golek di tempat festival karena tidak beda jauh dengan harga mangga di pasaran Sentani dan Jayapura, setumpuk 3 buah yang di jual di sana harganya 50rb, walaupun demikian kami tetap beli karena tidak ingin kembali ke rumah dengan tangan hampa dari tempat festival.

Menurut info di media yang di edarkan bahwa akan ada makan buah mangga gratis 5000 buah namun tidak semua buah di sediakan untuk di makan gratis walaupun demikian tetap kegiatannya menyenangkan.

 

Saran untuk Kegiatan Festival Selanjutnya

Festival mangga golek yang di lakukan di kampung Dormena cukup ramai dengan pengunjung dari Sentani maupun masyarakat Kota Jayapura, hanya ada beberapa hal yang dapat di perhatikan yang menjadi saran untuk kegiatan festival selanjutnya. saran ini dari opini pribadi penulis berdasarkan pengalaman ketika berkunjung ketika di adakan festival mangga di kampung Dormena.

 

Saran Pertama 

Saran pertama kepada Pemerintah daerah maupun provinsi harus memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan karena kampung-kampung di sekitaran Jayapura dekat dengan ibu kota provinsi mestinya pembangunan jalan-jalannya sudah bagus. 

Bila jalannya kurang bagus kasihan dengan masyarakat yang biasanya datang ke kota kemudian pulang lagi, tentu mereka akan merasa sakit dan cape dengan jaraknya yang jauh serta jalan yang rusak. 


Saran Kedua

Saran kedua bila di adakan Festival mangga golek Dormena seperti ini lagi kedepan perlu di kordinasi dengan masyarakat setempat agar ada kesiapan dari orang setempat dengan baik, bagimana panitia melaksanakan kegiatan tanpa melibatkan masyarakat setempat, kalau seperti inikan kurang baik karena mereka sebagai tuan merekalah yang akan menyambut para pengunjung.

 

Saran Ketiga

Perlu di siapkan tempat-tempat parkir dan tempat-tempat duduk bagi para pengunjung apa lagi kalau di pinggir pantai sangat bagus sekali, bisa duduk-duduk sambil menikmati keindahan laut pasifik lebih lengkap lagi kalau di tambah buah mangga Dormena.

 

Saran Keempat

kampung Dormena dan sekitarnya belum memiliki akses jaringan tellphone jadi pemerintah perlu memperhatikan masyarakat disana agar dapat menyediakan akses jaringan apalagi Kampung-kampung inikan berdekatan dengan ibu kota Provinsi seharusnya sudah ada.

 

 

Kampung Dormena memang tempat yang bagus untuk tempat wisata hanya perlu perhatian serius dari pemerintah untuk membantu masyrakat disana menata tempat-tempat wisata agar terlihat lebih indah degan demikiankan dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. di bawa ini adalah contoh photo beberapa tempat yang cocok untuk di jadikan tempat wisata di kampung Dormena.

 

 



 

2 comments for "Tantangan Ikut Kegiatan Festival Mangga Golek Dormena"

  1. Keren nih! semoga kelak akan banyak wisatawan yang datang dengan festival-festival lokal yang diprogramkan.

    ReplyDelete
  2. iya... semoga ke depan lebih bagus lagi.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email