Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lepaskan Lelah Sejenak dengan Menikmati Bakso di Pantai Khalkote

Salam hormat, salam damai, salam hangat, salam sejahtera dan salam lainnya.....hahaha....

Selamat melakukan apa saja yang sedang kalian lakukan untuk  semua yang membaca tulisan ini, sebelumnya saya merasa senang karena dapat berbagi cerita ini.

Bakso di Pinggir Pantai Khalkote Danau Sentani

Saya tidak punya niat untuk menulis ulasan ini karena tulisan ini hanya memuat tempat persinggahan akibat kelelahan setelah melakukan perjalanan jauh namun saya terdorong juga untuk menulis ulasan ini agar kalian juga datang dan  menikmati bakso di pinggiran Pantai Khalkote saat free time atau selesai kerja.

Menarik maupun tidak-nya tulisan ini tergantung anda saja tapi semoga anda senang mengikuti perjalanan seharian saya melalui tulisan ini.

Penjelasan tentang Bakso

Setelah melakukan perjalanan yang panjang untuk melepaskan lelah saya mampir menikmati Bakso di pantai Khalkote jadi ada baiknya juga sebelum melanjutkan cerita perjalanan, simak dulu penjelasan tentang Bakso.

Bakso adalah salah satu makanan populer yang ada di Indonesia seperti yang dimuat dalam wikipedia tentang bakso. Pada umumnya bakso terbuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka namun bakso juga sering di buat dari ayam, ikan dan udang.

Bakso biasanya di jual di tempat-tempat makan namun ada juga bakso yang di bawa keliling dengan motor oleh penjual.

Pada umumnya bakso di jual oleh masyarakat dari pulau Jawa seperti Solo, Malang dan lainnya namun bakso sendiri berasal dari China namun terbuat dari daging babi tentu saja agak berbeda dengan di Indonesia punya.

Bakso ini paling enak kalau makan saat bersantai dengan teman-teman sambil cerita-cerita apa lagi kalau cuacanya agak dingin atau hujan memang itu paling enak sekali.

Macam-macam Bakso

Indonesia memliki berbagai macam Bakso yang di namakan menurut daerah asal ataupun bahan dasar pembuatannya, di bawah ini adalah nama-nama bakso:

- Bakso Urat

-Bakso Gepeng

-Bakso Udang

-Bakso Malang

-Bakso Solo

-Bakso Keju

-Bakso Bakar dan lainnya.

Perjalanan yang Melelahkan dan Suka Dukanya Naik Motor

Saya setelah melakukan perjalanan jauh dari tempat tingggal Sentani ke kampus UNIYAP dok 5  kemudian balik lagi ke Sentani memang itu sangat melelahkan sekali.

Bagi kalian yang belum tahu jarak antara ke dua tempat yang di jelaskan di atas, saya akan menjelaskan sedikit tempatnya.

Sentani adalah ibu kota Kabupaten Jayapura sedangkan Dok 5 kampus  UNIYAP berada di Kota Jayapura. Kalau kami melakukan perjalanan menggunakan motor dari tempat saya kurang lebih 90 menit perjalanan.

Kalau melakukan perjalanan yang agak jauh akan  terasa asik bila  jalan bersama teman-teman atau ada orang yang bisa di ajak bercerita karena perjalanan akan terasa lebih menyenangkan dan ramai.

                            

Pada umumnya orang menggunakan kendaraan motor untuk melakukan perjalanan jauh agar tiba di tempat tujuan dengan cepat baik itu dari kota ke kampung maupun antar kota/kabupaten tapi sebagian orang lebih suka ikut mobil. 

Ikut kendaraan motor memang cepat sampai ke tempat tujuan namun ada beberapa hal yang saya tidak suka bila mengendara motor untuk perjalanan jauh antara lain:

Pertama: Terlalu melelahkan 

ketika mengendari motor walaupun mengenakan pelindung diri seperti jacket, helmet, kacamata dan lainnya yang biasa di gunakan untuk perjalanan jauh sebagai perlindungan  namun  untuk duduk di tempat yang sama selama lebih dari sejam kadang itu adalah hal yang melelahkan, tapi bagi orang yang terbiasa dengan hal ini tentu bukanlah persoalan.

Kedua: Resiko Kecelakaan Tinggi 

Pada umumnya ketika orang melakukan perjalanan jauh akan merasa lelah sehingga badan menjadi lemah dan mudah kehilangan konsentrasi yang dapat berakibat pada kecelakaan. Bila lakukan perjalanan jauh lebih bagus kalau di temani orang lain seperti teman, keluarga atau lainnya yang bisa bergantian bawa motor.

Ketiga: Motor Bisa Cepat Rusak 

Tentu saja bila melakukan perjalanan jauh panas mesin dan matahari dapat membahayakan mesin dalam, body dan ban motor seperti yang di jelaskan seorang Technical Training Astra Honda Motor Reza Rezdie di CNN Indonesia.

Keempat: Bahaya untuk Kesehatan 

Hal ini mungkin sudah sering anda dengar bila mengendarai kendaraan bermotor berbahaya untuk kesehatan apalagi untuk perjalanan jarak jauh tanpa jaket karena dapat menyebabkan flu, batuk, paru-paru serta penyakit lainnya akibat angin, debu serta polusi udara yang kurang baik.

Hal-hal di atas juga dapat menjadi perhatian anda juga ketika mengendarai motor untuk jarak jauh.

Hilangkan Lelah Sambil Menikmati Bakso

Bila anda melakukan perjalanan jauh jangan lupa untuk singah di suatu tempat untuk menghilangkan lelah sejenak.





Perjalanan yang melelahkan dari Sentani ke Kota Jayapura dan balik lagi ke Sentani dalam waktu 2 jam lebih, untuk menghilangkan kelelahan ini saya memilih untuk beristirahat sejenak di pinggiran danau Sentani.

Duduk di pinggiran danau Sentani adalah salah satu pilihan yang dapat kalian ambil juga bila berada di Jayapura setelah melakukan kegiatan yang melelahkan, tempatnya masih alami dengan angin segar yang sejuk.

Sepanjang pinggiran danau Sentani banyak tempat yang dapat anda singgah baik itu di rumah makan yang berada di tepi-tepi danau maupun tempat alam terbuka lainnya. 

Perjalanan balik dari Kota Jayapura ke Sentani saya memilih untuk singgah di Pantai Khalkote Karena disana ada panggung yang biasa di gunakan ketika festival Danau Sentani, tempat ini sering di jadikan tempat duduk masyarakat sambil tunggu perahu di dermaga.

Tempat ini memang paling baik ketika lelah karena selain anginnya yang segar, sambil duduk-duduk kita dapat melihat bagimana masyarakat pulang pergi kampung yang berada dekat pulau-pulau di atas danau Sentani.

Selain itu di tempat ini beberapa orang menjual Bakso sehingga anda dapat memesan sambil menikmati keindahan alam pantai khalkote yang biasanya di jadikan tempat festival danau Sentani ini.    

Bakso yang di jual disini harga perporsi hanya Rp.10.000 dan Rp.15,000 selain itu di tempat ini masyarakat juga menjual sirup jeruk peras dengan harga Rp.5.000 demikian juga harga sama dengan es cendol yang di jual di sini.

Tempat ini belum di buka restorant atau sejenisnya yang bila di kunjungi orang dapat makan sambil menikmati panorama danau indah dan pulau-pulau di sekitarnya. Semoga kedepannya ada orang asli Papua yang dapat membuka tempat-tempat makan di tempat ini guna pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Bila kalian berkunjung ke Pantai Khalkote jangan lupa membuang sampah pada tempatnya agar keindahan alam tetap terjaga.

Alamat Pantai Khalkote

Pantai Khalkote tidak jauh dari pusat kota kabupaten Jayapura, kurang lebih 30 menit dari Sentani kota mengunakan kendaraan motor maupun mobil. alamatnya berada di Asei Besar, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Post a Comment for "Lepaskan Lelah Sejenak dengan Menikmati Bakso di Pantai Khalkote"

Berlangganan via Email