Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yoboi, Kampung Wisata di atas Danau Sentani

Kampung Yoboi adalah salah satu kampung yang berada di atas Danau Sentani yang akhir-akhir ini banyak di kunjungi orang.

Saya ingin berbagi cerita sedikit bagimana pengalaman kami ketika berkunjung ke kampung Yoboi dengan membaca cerita ini anda juga telah termasuk pengunjung kampung ini jadi jika anda ingin berkunjung ke Kampung Yoboi sebelum berkunjung silahkan baca cerita singkat ini.

Kampung Yoboi merupakan kampung yang berada di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kampung ini tidak jauh dari pusat Kota Sentani hanya memerlukan waktu ±20 menit untuk sampai ke kampung ini dari Bandar Udara Sentani.

Kampung Yoboi ini mulai ramai dengan pengunjung setelah masyarakat setempat berinisiatif untuk mengubah warga dermaga dengan aneka ragam warna. Ide ini di mulai oleh beberapa pemuda  yang berada di kampung ini agar menarik perhatian masyarakat umum untuk dapat berkunjung ke kampung Yoboi supaya dapat menambah pemasukan masyarakat setempat.

Saat mau berkunjung ke kampung Yoboi pertama kami ke Dermaga Yahim, dari sini kami mulai menumpang speedboat yang harganya hanya Rp.10.000 perorang.

Pengalaman berkunjung kami, sebagai seorang yang pertama kali datang ke Yoboi sempat berpikir mungkin tempatnya cukup jauh namun kenyataannya hanya berkisar 5 menit untuk sampai ke kampung Yoboi dari dermaga Yahim.

Ini merupakan pengalaman pertama saya naik speedboat di atas danau ketika ke Yoboi Kampung Wisata di atas Danau Sentani ini, saya sempat rasa takut pada awalnya tapi menyenangkan karena dalam perjalanan dapat menikmati pemandagan alam danau yang indah, gunung-gunung sekitar danau serta warga setempat yang sedang memancing ikan.

Hal berbeda di Kampung Yoboi



Kami sebagai pengujung baru tentu saja segala sesuatu berbeda, saat bersandar di dermaga kampung Yoboi kami di sambut dengan tulisan welcome to Yoboi, sebelum masuk ke kampung telah di sediakan kotak sumbangan sukarela jadi jika anda ingin mendukung pengembangan kampung ini dapat menaruh sumbangan sukarela anda di kotak yang ada.

Kami di ijinkan untuk berkunjung sekeliling kampung jadi kami berjalan kaki diatas jalan-jalan yang di bangun dengan kayu yang kuat di atas danau sentani.

Hal berbeda di kampung Yoboi lainnya ialah masyarakat di kampung ini juga menyediakan tempat untuk menghiasi atau mengambar muka serta beberapa mahkota cendrawasih yang mencirikan budaya setempat jadi ketika anda ingin terlihat seperti apa saat menjadi bagian dari warga kampung ini di persilahkan saja kesini.

Guna pengembangan ekonomi masyarakat, mereka juga menjual makanan serta minuman ringan disini sehingga anda dapat belanja. Mereka juga menjual makanan khas sentani papeda dan ikan danau Sentani. Harganya terjangkau mulai dari Rp.5.000 hingga Rp.25,000 sesuai menu.

Warga kampung disini ramah dan dengan senam hati mereka menyambut pengunjung yang datang ke kampung ini, cuaca kampung ini sejuk dan ketika kami keliling kampung ini di depan rumah warga, mereka menanam berbagai macam sayur.

Rumah warga di kampung Yoboi ini tidak begitu banyak dan terdapat satu gereja yang dalam tahap renovasi.

Hal-hal yang dapat menjadi perhatian ketika berkunjung ke Kampung Yoboi

Hal-hal yang dapat menjadi perhatian ketika berkunjung ke Kampung Yoboi, yang pertama tentu saja sebagai pengujung anda harus menghargai warga kampung yang ada di Yoboi dan membuang sampah pada tempat-tempat yang telah di sediakan, kedua jalan-jalannya berada di atas kayu yang kuat tapi harus berhati-hati, ketiga jika anda ingin berfoto jangan dengan gaya melompat kurang baik juga jika anda tidak ingin mandi tapi Karena salah lompat berada diatas danau hahahah....

Itu adalah cerita singkat tentang Yoboi Kampung Wisata di atas Danau Sentani berdasarkan pengalamn saya, hal lainnya dapat anda ketahui sendiri ketika anda berkunjung atau isi di kolom komentar jika mau bertanya.



Post a Comment for "Yoboi, Kampung Wisata di atas Danau Sentani "

Berlangganan via Email