Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Danau Sentani Terlihat Berbeda dari Kampung Putali Pulau Yohiki

Sekeliling danau Sentani Kabupaten Jayapura terdapat berbagai kampung dimana setiap kampung di sekitar ini memiliki daya tariknya masing-masing bila dikunjungi, beberapa kampung berada di pulau-pulau di atas danau Sentani salah satunya ialah kampung Putali.

Kampung Putali memiliki beberapa pulau dan salah satunya ialah pulau panjang atau dalam bahasa daerah Sentani biasanya di sebut Yohiki, pulau ini di sebut pulau panjang karena di antara pulau-pulau di sekitar sini hanya pulau ini saja yang agak panjang daratannya.


Pertama kali kami berkunjung ke Pulau Panjang atau Yohiki terasa seperti mengunjungi dunia baru karena segala sesuatu terlihat berbeda walaupun telah lama tinggal di Sentani saat ini adalah pengalaman pertama bila dapat menginjakan kaki di kampung Putali, sebenarnya kampung ini tidak jauh dari Kota Sentani namun ketika sampai di pulau ini kami merasakan tidak seramai di kota.

Kalian kalau datang ke pulau panjang pada sore hari, senja dari tempat ini akan membuat kalian tidak ingin pulang ke rumah karena menikmati matahari terbenam dari tempat ini akan membuat kalian betah hingga tidak terasa kalau sudah malam.

Jarak dan Harga Transportasi ke Kampung Putali Pulau Yohiki

Kalian yang suka jalan-jalan atau berpetualang, petualangan kalian belum lengkap kalau kampung-kampung indah di sekitar danau ini belum masuk ke daftar destinasi kalian, agar menambah jejak perjalanan kalian buatlah plan untuk datang menikmati panorama alam di sekeliling danau ini.

Pulau Yohiki tidak jauh dari pusat kota Sentani hanya 15-20 menit dari bandar udara Sentani ke dermaga Yahim dan kurang lebih 10 menit menggunakan speedboat dari dermaga ke Kampung Putali pulau panjang atau yang biasanya di sebut dalam bahasa Sentani Yohiki.

Kalian  yang datang menggunakan kendaraan motor maupun mobil ke dermaga dapat memarkirnya di tempat parkir pinggiran dermaga. Berdasarkan pengalaman kami, tempat parkir disini tidak di pungut biaya.

Harga speedboat perorang ke beberapa kampung sekitar danau Sentani dari dermaga Yahim Rp.10,000 termasuk ke Pulau Yohiki atau pulau panjang.

Pengalaman baru di Pulau Panjang atau Yohiki

Kalian kalau sampai di pulau panjang akan terlihat beberapa rumah warga yang di buat dari kayu di atas danau atau rumah panggung di pinggirang pulau Yohiki dan sebuah Gereja GPdI Jemaat Victori di atas perbukitan. 

Halaman Gereja adalah tempat yang paling bagus sekali untuk menikmati angin danau Sentani sambil menatap ke arah gunung siklop yang terlihat kebiru-biruan laut dan akan lebih nikmat lagi bila berada disini sambil duduk-duduk bersama teman, keluarga dan lainnya karena bisa bersantai-santai sambil foto-foto.

Kalian kalau mempunyai kenalan atau keluarga di tempat ini dan ingin tinggal berlama-lama hingga 1 hari atau lebih jangan lupa membawa alat mancing karena di danau ini ada banyak ikan seperti ikan lohan, mujair, gabus dan lainnya

Kalian yang suka berenang jangan lupa juga membawa pakaian berenang bila ingin merasakan bagaimana rasanya mandi di air danau yang ada di bawah gunung siklop ini.


Beberapa hal yang perlu di Ingat sebelum Kesini

Hal pertama yang dapat menjadi perhatian bila berkunjung kesini, jangan membuang sampah di sembarang tempat apa lagi ke danau agar keindahan alamnya tetap terjaga. Yang kedua tetap menghargai warga yang berada di sekitar kampung ini sebagai tuan rumah.

Kalian kalau menggunakan speedboat ke kampung ini jangan lupa mengambil nomor handphone pembawa speedboat atau motoris dan membuat kesepakatan jam berapa kalian ingin di jemput jika tidak maka kalian akan lama dapat speedboat yang membawa kalian kembali ke dermaga, hal ini saya bagi ke kalian juga berdasarkan pengalaman pertama berkunjung ke kampung Putali pulau Yohiki, Sentani.

Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang tempat-tempat indah di Pulau Papua khususnya di Jayapura.

2 comments for "Danau Sentani Terlihat Berbeda dari Kampung Putali Pulau Yohiki"

Berlangganan via Email