Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Bosnik, Sorganya Tempat Wisata di Biak


Biak Numfor merupakan salah satu kabupaten di pesisir utara Provinsi Papua. Pulau Biak terkenal dengan keindahan alam lautnya. Terdapat banyak tempat-tempat wisata yang biasanya menjadi destinasi para penikmat keindahan alam ketika berkunjung ke pulau Biak.

Di antara pantai-pantai indah di sepanjang pulau ini, salah satunya adalah Pantai Bosnik, Pantai ini berada di bagian timur pulau Biak. Pantai Bosnik  terletak di Distrik Biak Timur, memanjang sepanjang kampung Yenusi  hingga kampung Inofi.

Pada umumnya masyarakat hanya mengenal pantai Segara Indah yang terletak di kampung Inofi walapun di sepanjang tempat ini masih menyimpan sorganya tempat wisata. Wilayah Bosnik terdiri dari beberapa kampung , yaitu  Yenusi, Orwer, Yenberok, Woniki, Adorbari, Bosnik Sup, Insumarires, Manduser dan Inofi.

Perjalanan dari Kota Biak ke Bosnik membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 15 km. Memasuki wilayah Bosnik  mata kita akan dimanjakan dengan keindahan pantai pasir putih yang di hiasi dengan pepohonan kelapa di sepanjang bibir pantai . 


Lokasi : Pantai Segara Indah, Bosnik

Menurut salah satu warga bapak Jack Rumansara ketika menjelaskan asal dari kata Bosnik, beliau mengatakan bahwa  Bosnik berasal dari kata Bosen Benik, dikarenakan pada waktu dulu orang yang mencari ikan di daerah itu tidak ada yang pulang tanpa hasil, mereka semua pulang dengan membawa hasil laut berupa ikan, jadi tempat gugusan terumbu karang di daerah itu dikenal  sebagai gudang ikan atau rumah ikan bagi warga setempat.

kalian mungkin tidak mengeteahui sebenarnya Bosnik adalah kota tua yang merupakan kota pertama di kabupaten Biak Numfor yang didirikan pada tanggal 17 Juli 1918 ( 102 tahun saat ini), dari sekian banyak tempat wisata yang ada disini pantai Bosnik, sorganya tempat wisata di Biak yang patut anda kunjungi juga bila datang ke pulau ini.



Lokasi : Mamfyas, Bosnik

Pantai Segara Indah yang terletak di kampung Inofi merupakan tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat setempat ataupun para wisatawan dari daerah lain. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini anda hanya perlu membayar harga parkir untuk kendaraan roda dua Rp 10.000 dan kendaraan roda empat Rp 20.000. Anda juga dapat menyewa pondok dengan harga Rp 50.000 – Rp 100.000. 

Sepanjang jalan anda dapat melihat beberapa pondok-pondok Jualan yang dimiliki oleh warga setempat, mereka menjual berbagai macam jajanan , seperti es kelapa muda, rujak rica garam, tepung barapen, pinang sirih, anyos ( minuman tradisional) dan lain-lain. Harga jajanan mulai dari Rp 2.000- Rp 25.000 . Sambil menikmati jajanan anda dapat melihat indahnya senja di sore hari  dari tempat ini.





Maha besar Sang Pencipta untuk semua keindahan alam di atas tanah Papua. Pantai  Bosnik merupakan salah satu bukti karya Tuhan dari sekian banyak karya-karyaNya yang indah.



Penulis

Evellyne Mandosir


Post a Comment for "Pantai Bosnik, Sorganya Tempat Wisata di Biak"

Berlangganan via Email