Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Danau Besar yang Berada di Dataran Tinggi Meeuwo

Danau Paniai, danau Tigi dan danau Tage adalah 3 danau besar yang berada di daratang tinggi Meeuwo Provinsi Papua.

Daerah Meuwo atau daerah yang letaknya berada di sekeliling kabupaten Paniai ini memiliki beberapa danau yang memperindah alam Meuwo, danau-danau yang berada di ketinggian 1300 ft ini biasanya di sebut juga dengan danau-danau Wisel Meren sesuai nama seorang pilot asal Belanda (Frits Julius Wisel) yang pertama kali menerbangkan pesawatnya di atas daerah yang ada kumpulan-kumpulan air ini dan memberitahukan ke publik tentang adanya danau-danau di dataran tinggi Papua khusunya di daerah Paniai. 

Keindahan danau-danau yang berada di sekitar daerah yang biasa di sebut dengan Meuwo ini sangat mempesona selain itu danau-danau ini menyimpan beragam kekayaan alam yang melimpah seperti udang, Ikan mujair, ikan nila, ikan mas dan lainnya. Sumber daya alam danau-danau ini telah menjadi sahabat masyarakat dan memberi kehidupan bagi mereka yang tinggal di daerah sekitarnya.
3 danau  besar yang berada di dataran tinggi Meuwo itu ialalah danau Paniai, danauTigi, dan danauTage, di bawah ini adalah ulasan singkatnya:


1.      Danau Paniai

Danau Paniai adalah Danau yang berada di ketinggian sekitar 1700 meter diatas permukaan laut, danau ini luasnya mencapai 14.500 hektare dengan keragaman sumber daya alamnya. Saat di adakannya konferensi danau se-dunia pada tanggal 30 november 2007 di India, danau Paniai di nyatakan sebagai salah satu danau terindah di dunia dan di akui oleh utusan dari 157 negara, tidak kalah indahnya bukan? Semoga prestasi ini di raih terus dengan menjaga keindahan alam danau yang masih belum di cemari.

Danau Paniai, Danau terbesar dari 3 danau terbesar di dataran tinggi Meuwo

Danau yang masih alami ini menyediakan sumber daya alam yang mempermudah kelangsungan hidup masyarakat, jika anda berkunjung kesini anda akan melihat bahwa danau ini di kelilingi oleh berbagai kampung yang ada di kabupaten Paniai, untuk mencapai ke kampung-kampung ini masyarakat Paniai biasanya menggunakan Perahu kayu yang di buat oleh masyarkat setempat dan speed boat dengan dermaga-dermaga kecil yang menjadi tempat bersandar transportasi air ini. 
    
Dari danau Paniai ini juga mengalir sebuah sungai yang panjangnya mencapai kabupten-kabupaten selatan dari provinsi Papua, sungai ini oleh masyarakat suke Mee menyebut nya sungai Yawei.

Asal Usul Danau Tigi

Danau Tigi, Terbesar kedua dari 3 Danau terbesar di dataran tinggi Meuwo

Danau yang satu ini berada di Kabupaten Deiyai sering orang menyebutnya dengan danau love karena berbentuk hati. Danau Tigi memiliki kedalaman 150 meter, danau yang berada di atas permukaan air laut 1700 kaki ini, telah di buat Jalan sekelilingnya yang menghubungkan kampung satu dengan lainnya hingga ke Waghete ibu kota kabupaten Deiyai sehingga tidak di ragukan lagi jika anda berkunjung ketempat ini dan berkunjung kekampung-kampung yang berada di sekitarnya dengan transportasi darat sebab keamanannya juga cukup terjamin, sebagai daerah pegunungan jika naik ke beberapa perbukitan yang berada sekitar Wagete anda akan beta untuk tinggal sebab pemandangan nya yang indah serta kesejukan pegunungan membuat anda akan enggang pulang. 

masyarakat yang bermukim di sekitar danau ini, biasanya menggunakan perahu mereka untuk mencari ikan dan udang maupun menerima jasa tupangan bagi orang yang hendak berlayar melintas danau. Dari danau Tigi juga mengalir sebuah sungai besar yang masyarakat Deiyai biasa menyebutnya dengan sungai Oneibo sebab sungainya berada di kampung Oneibo. 

Keindahan dan kebersihan danau yang berbentuk love ini di perhatikan oleh pemerintah kabupten Deiyai dengan melarang adanya pembuangan sampah ke danau, semoga hal ini terus di perhatikan dengan serius agar tidak terjadi pencemaran danau.

3.    Danau Tage

Danau Tage adalah danau yang kelihatan kebiru-biruan dan lebih jernih dari danau Paniai dan Tigi, danau ini berada di kabupaten Paniai, dengan luas danau berkisar 150 hektar dan kedalaman danau ini sekitar 75 km, jenis danau tage ini adalah danau tektonik atau danau yang terbentuk akibat peristiwa tektonik seperti gempa bumi. kejernihan danau ini kadang membuat orang yang berkunjung ke danau yang tidak begitu jauh dari danau Paniai beranggapan bahwa danau tersebut dangkal serta sakin jernihnya orang dapat melihat langsung ikan dan sumber daya alam lainnya yang berada dalam danau Tage.

Danau Tage, Danau yang kecil dari 3 danau terbesar di dataran tinggi Meuwo

Danau Tage lebih kecil luasnya dari danau Paniai dan danau Tigi tetapi keindahan danau ini tak terkalahkan dari kedua danau lainnya sebab di tepian pante danau tage ini banyak bebatuan kerikir serta peputihan pasir yang mempercantik pemandangannya. 

Sekitar danau ini juga bermukim perumahan masyarakat yang terlihat mewarnai keindahan alam sekitarnya. Bagi anda yang berminat untuk berkunjung ketempat ini jarak tempuh dari ibu kota Paniai, enarotali ± sekitar 5km namun akan lebih baik jika anda melakukan petualangan di sekitar daerah ini dengan pemuda/I yang berasal dari daerah ini.

Di atas adalah ulasan singkat tentang 3 danau besar yang berada di daerah wilayah meuwo, bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ketiga danau ini langsung saja berkunjung kesana.
Semoga keindahan alam ketiga danau ini tetap di jaga dengan tidak membuang sampah dan kotoran lainnya ke air danau dan lingkungannya yang masih terlihat mempesona dan alami.

2 comments for "3 Danau Besar yang Berada di Dataran Tinggi Meeuwo"

Berlangganan via Email