Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Koteka, Bagimana Cara Membuat dan Apa Bahan Dasar Pembuatannya?


Gambar Koteka
Anda mungkin telah mengetahui koteka namun bagi anda yang tidak mengetahuinya, Koteka adalah pakaian adat kaum pria Papua khusunya yang berada di daerah pegunungan tengah, koteka secara harafiah berasal dari bahasa " suku Mee atau Paniai" Papua.

Koteka biasanya di gunakan oleh pria atau laki-laki dari berbagai suku yang ada di daerah pegunungan tengah sehingga mereka mempunyai bahasanya masing-masing dalam penyebutan namun umumnya biasa di sebut koteka.

Koteka juga adalah budaya yang telah di wariskan oleh nenek moyang orang-orang Papua yang berada di dataran tinggi daerah yang biasanya di sebut juga bumi cenderawasih ini, dengan perkembangan zaman koteka kini bukan lagi sebagai pakaian wajib walaupun masih ada beberapa orang yang biasanya menggunakannya terus di daerah pedalaman, saat ini koteka hanya telah menjadi ingatan budaya dan di pergunakan hanya ketika kegiatan-kegiatan budaya tertentu saja.

Bahan dasar pembuatan koteka


Pada umumnya orang tidak mengetahui bahan dasar yang di pergunakan untuk membuat koteka walaupun banyak orang mengetahui koteka adalah pakaian adat pria yang berasal dari daerah dataran tinggi Papua, bahan dasar yang biasa di gunakan untuk membuat koteka adalah buah sejenis labu yang panjang, masyarakat atau orang yang tinggal di daerah pedalaman biasanya menyebut dengan buah koteka walaupun ada nama aslinya sendiri dari buah tersebut pada tiap suku pemeluknya itu sendiri.

Buah koteka ini juga ada yang sejenis labu yang bulat sehinga jenis ini biasanya di buat untuk tempat menyimpan air dan kebutuhan lainnya yang dapat diisi, buah koteka juga adalah jenis buah yang dapat di makan sehinga ketika terlihat baik, orang biasanya akan memilah yang dapat di gunakan untuk di jadikan koteka dan untuk di masak namun kebiasaan dari masyarakat suku MEE buah koteka ini tidak dapat di makan oleh kaum perempuan dan anak-anak hanya dapat di makan oleh kaum laki-laki yang telah pemuda dan dewasa.

Cara Membuat Koteka


Cara pembuatan koteka sebenarnya agak rumit dan proses panjang karena pembuatan koteka ini telah di persiapkan biasanya ketika buah koteka sebelum di petik, di bawah ini adalah langkah-langkah pembuatan koteka secara garis besar:

1.                  Pertama sebelum di petik, buah koteka yang masih di dahannya dan yang masih muda akan di pilih yangmana akan di jadikan sebagai koteka sehinga setelah di pilih buah tersebut akan di rawat dengan meluruskan buah itu setiap harinya, hal ini di lakukan agar koteka terbentuk seperti yang di inginkan.

2.                  Ketika buah tersebut di lihat baik untuk di jadikan koteka maka akan di ambil buahnya, jika buah yang telah di rawat tidak bertumbuh seperti yang di inginkan maka orang akan mencari yang lainnya.

3.                  ketika di ambil buahnya maka selanjutnya akan di Bakar buahnya atau di kubur dalam bara dan debu yang masih panas jadi kurang lebih 30 menit akan di tinggalkan buah disana.

4.                  bila di pikir sudah siap untuk melakukan tahapan selanjutnya maka buah koteka itu akan di ambil dari bara dan debu panas itu kemudian akan di tinggalkan beberapa menit untik dingin dan selanjutnya di bersihkan isi dan kulit dari buah koteka tersebut.

5.                  Sesudah isinya di keluarkan dan kulitnya telah di bersihkan kemudian akan di Jemur atau di taruh di atas atap rumah selama beberapa hari, 1 minggu adalah paling cepat tapi orang biasanya menaruhnya lebih dari 1 minggu hingga terlihat baik, kuat dan tidak mudah rusak.

6.                  setelah Selesai di taruh di atas atap selama beberapa minggu maka akan di bersihkan lagi bagian luar kemudian akan di buatkan tali pengikatnya di bagian bawah koteka, talinya di buat dari berbagai kulit kayu sala satunya ialah "bebi bahasa suku Mee"


7.                  sesudah talinya telah jadi maka akan di coba gunakan oleh orang yang ingin menggunakan koteka tersebut jika terlihat baik maka koteka siap di gunakan.

Membuat koteka ini tidak begitu mudah, sebab baik tidak nya koteka di nilai dari bagaimana seseorang membersihkan dan memperhalus serta membentuk koteka seperti yang di inginkan orang tersebut dan dalam proses pembuatannya memerlukan waktu berminggu-minggu, sehinga koteka ini biasanya di buat oleh orang yang sabar dan telah mahir dalam pembuatannya.

Diatas adalah pengetahuan tentang budaya koteka yang dapat saya bagikan sebagai penambah pengetahuan tentang budaya masyarakat Papua.

Semoga bermanfaat bagi anda!!!!.

27 comments for "Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Koteka, Bagimana Cara Membuat dan Apa Bahan Dasar Pembuatannya?"

  1. Terimkasih infonya kwan,
    Salam blogger papua 😊

    ReplyDelete
  2. trmksh telah berkunjung juga, Salam blogger Papua.

    ReplyDelete
  3. Jadi tau apa itu Koteka. Makasih Gan. Salam kenal dari sy di Sumbawa Barat, NTB

    BERJUANGLAH

    ReplyDelete
  4. jadi koteka itu pakaian adat di papua toh hmm... baru tahu ane ...

    ReplyDelete
  5. mantap artikelnya, menambah wawasan :)

    ReplyDelete
  6. mantab kawan, tak kenal maka tak sayang, tulislah banyak hal ttg papua,..krn bnyk hal yg indah dan cantik dr bumi papua...

    ReplyDelete
  7. mantap gan jadi tambah ilmu mengenai serba-serbi Papua, follback ya gan

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Papua sungguh sangat eXotic. Budayanya bernilai tinggi. Membaca dan melihat apapun ttg papua, sunggub luar biasa.
    Terima kasih sdh berbagi info ttg papua.
    sodikin.com
    lintas12.com

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat. Saya akan sering-sering berkunjung.


    Salam persaudaraan dari Catatan Adi

    ReplyDelete
  11. Artikal tentang koteka sangat bermanfaat.🙏🏿

    ReplyDelete
  12. terimakasih kak telah berkunjung

    ReplyDelete

Berlangganan via Email