Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surga Tersembunyi, Teluk Sungai Yawei Butuboya


Surga Tersembunyi, Teluk Sungai Yawei Butuboya


Setiap daerah yang ada di pulau Papua memiliki keunikan keindahan alamnya masing-masing, mulai dari sungai, danau, pantai, pegunungan serta keunikan fauna yang ada di bumi cenderawasih. Jika di jelaskan di halaman ini tentu tidak cukup.

Salah satu keindahan alam Papua ialah teluk sungai Yawei butuboya, teluk ini terbentuk dari aliran sungai kali Yawei yang mengalir dari danau Paniai, dimana di tempat ini membentuk kumpulan air yang biasanya di jadikan sebagai tempat berekreasi oleh masyarakat yang ada di sekitar daerah ini.

Sebagai teluk sungai yang belum ada pencemaran dari pembuangan sampah serta penebanggan pohon secara sembarang maupun berburu liar, Teluk sungai yawei butuboya ini di perindah oleh keindahan alamnya.  yangmana teluk yang ada di kampung megei ini di kelilingi oleh bebatuan kecil di bawah pepohonan yang rimbung, yang biasanya di jadikan sebagai tempat peristirahan pengunjung,  serta Pepohonan hijau kecil yang membetuk taman di sekitarnya. ketika tiba disini anda akan mendengar banyak sekali kicauan burung-burung di sekitar teluk sungai yawei butuboya ini, yang kedengaran seperti sedang menyambut pengunjung saat masuk dan menghibur para pengunjung dari kebosanan ketika berada di Butuboya. 

Walaupun belum di jadikan sebagai tempat wisata umum namun alamnya telah membentuk teluk sungai yawei butuboya ini sebagai tempat wisata dan berrekreasi masyarakat. Para pengunjung biasanya mengatakan “sangat baik bila tempat ini bisa di jadikan sebagai tempat wisata umum” dengan melihat keadaan alamnya yang telah membentuk tempat wisata alami .


Selain itu di sekitar butuboya juga di perindah oleh peputihan pasir alami yang telah di taruh oleh sang pencipta yangmana pasir-pasir ini telah menjadi daya tarik anak-anak untuk bermain disini. Satu hal yang menjadi perhatian para pengunjung adalah arus sungai yawei yang dapat membahayakan para pengujung namun untuk membatasi arus sungai yang deras telah di taruh bebatuan besar yang membatasi arus sungai yawei ke teluk butuboya.


Surga Tersembunyi, Teluk Sungai Yawei Butuboya
foto diatas batuan yang membatasi teluk dan sungai yawei


Cara Mencapai ke Teluk Sungai Yawei Butuboya

Teluk Butuboya ini berada di Kabupaten Deiyai (Provinsi Papua), Distrik Tigi Timur masyarakat biasanya menyebut dengan kampung megei walaupun berada di kampung yaba secara administratif dan jaraknya kurang lebih 5 kilo meter dari ibukota kabupaten (Waghete), orang biasanya berkunjung ke Deiyai dengan mengunakan transportasi udara dan darat, kabupaten Deiyai ini berada di antara kabupaten  Mimika, Nabire, Paniai, dan Dogiyai sehinga ketika tiba di antara salah satu kabupaten ini anda dapat menggunakan transportasi udara dan darat dari Timika dan Nabire tetapi dari Paniai dan Dogiyai anda cukup menggunakan transportasi darat.


 Ketika tiba di ibukota Deiyai cukup menggunakan kendaraan roda 2 yang ongkos perorangnya Rp.20.000 untuk mencapai teluk butuboya tetapi lebih baik lagi jika anda mengenal orang di Deiyai dan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk sebentara sebagai wisata alami yang belum di jalankan sebagai wisata umum untuk menikmati sungai Yawei di sekitar teluk Butuboya anda tidak di kenakan biaya masuk sehinga anda dapat berkunjung secara free. 

Hal-Hal yang Harus Anda Pikirkan sebelum Melakukan Tour ke Teluk Butuboya  

Seperti yang telah di tuliskan di atas teluk sungai yawei butuboya belum di jadikan sebagai tempat wisata umum sehinga pengunjung yang datang ke Butubodaya adalah pengunjung lokal yang ada di sekitar daerah Deiyai karena telah di jadikan sebagai tempat rekreasi dan wisata alami.


Kalau anda berniat berkunjung kesini hal-hal yang anda harus pertimbangkan adalah:

1. Sebagai tempat yang masih alami anda harus mengenal orang yang berada di kampung butuboya untuk menjadi guide/penuntun.

2. Anda tidak akan mendapat kios di sekitar butuboya sehinga anda harus membawa bekal dari rumah namun jangan membuang sampah di sekitar teluk butuboya.

3. Jarak dari jalan raya atau tempat parkir kendaraan ke butuboya kurang lebih 100 meter jadi anda harus berjalan kaki menuju ke kali Yawei/Butuboya.

4. Sala satu hal yang anda perlu tahu, arus di sungai Yawei sekitar Butuboya sangat deras sehinga ketika anda mengunjungi wisata alami ini jangan berenang hinga melewati batas-batas batu yang telah di taruh.


Diatas adalah uraian tentang wisata alami Butuboya yang hinga kini kesegaran alami sungainya masih di rasakan oleh pengunjung lokal yang berada di sekitar daerah Danau Tigi/Deiyai.



6 comments for "Surga Tersembunyi, Teluk Sungai Yawei Butuboya"

  1. Sangat mendukung kalau Teluk kali yawei Butuboya di jadikan tempat wisata

    ReplyDelete
  2. Memang indah dan masih alami. Tempat yang menyenangkan untuk mencari inspirasi.
    Jejak - Kafe Hosting

    ReplyDelete
  3. Tempat yang menyenangkan.

    Keunikan tersendiri yang di miliki oleh butuboya.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email