Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Imbi dan Pelajaran Sejarahnya

Taman Imbi, Terlihat Monumen Patung Yos Sudarso

Wali kota Jayapura bapak DR. Benhur Tommy Mano, MM. sangat prihatin dengan kebersihan dan penghijauan kota sehinga dalam mendukung program penghijauan kota Jayapura, Ia telah mendorong terciptanya banyak taman-taman kecil yang telah di buat oleh beberapa Instansi Pemerintah maupun dari lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam rangka mendukung program tersebut namun terlebih lagi untuk memperindah kota Jayapura.

Kini telah ada banyak sekali taman-taman kota namun sobat sekalian, kalian tahu tidak, jika taman yang biasa disebut dengan Imbi ini selain sebagai salah satu dari taman yang tertua di kota Jayapura taman ini juga memiliki nilai pelajaran tersendiri yaitu pelajaran sejarah dan nilai seni-nya, anda dapat mengenal dan mempelajarinya di bawah ini.

Apakah anda pernah berkunjung ke Taman Imbi Kota Jayapura? Bagi yang pernah mengunjungi telah mengetahui tapi bagi anda yang belum pernah berkunjung, Taman yang berada di pusat kota Jayapura ini terdapat patung dengan ukuran kurang lebih 2 meter, monumen ini di buat untuk mengenang pahlawan Yos Sudarso beserta rombongannya yang tengelam dengan kapal di laut selatan Papua atau laut arafuru pada tahun 1962 dalam pertempuran karena kapalnya di tembak oleh tentara Belanda.


Nahh... guys, Taman Yos Sudarso Imbi, yang biasanya di bilang taman Imbi, berada di depan Kantor DPRP Papua Jl.DR Sam Ratulangi, kota Jayapura, bagi yang tinggal di sekitar kota Jayapura jika mendengar taman Imbi tidaklah asing sebab letaknya berada di tengah kota.

Taman ini juga memiliki nilai seni kePapuannya karena di sekeliling taman Imbi terdapat ukiran gambar-gambar burung Cenderawasih dan tifa dengan warnanya yang mempercantik dan memperindah taman ini yang dapat memikat perhatian para pengunjung.

Taman Imbi Kota Jayapura ini di kelilingi dengan pepohonan rimbung dan rumput yang indah sehinga banyak masyarakat senang beristirahat disini pada siang hari apalagi mereka yang kerjanya di daerah sekitar kota, terdapat juga jalan-jalan kecil di dalam taman ini yang di buat dari batu-batu kerikil sehinga menarik perhatian para orangtua apalagi yang biasanya sakit rematik, pada pagi hari para orang tua yang sakit rematik biasanya ke taman imbi untuk berjalan di atas batu-batu kerikil ini karena dengan berjalan di atas batu-batu kerikil akan membantu melancarkan aliran darah, menurut ilmu kesehatan.

Taman Imbi tampak dari gerbang depan

Selain itu di taman Yos Sudarso Imbi ini juga di tulis nama para pahlawan TNI AL bangsa Indonesia yang gugur maupun yang selamat dalam pertempurang Aru pada tahun 1962 jadi bagi anda yang ingin mengetahui nama-nama mereka datang saja ke taman imbi kota Jayapura.

Kebersihan serta kenyamanan taman ini terjamin sehinga para pengunjung selain duduk-duduk mereka juga biasanya tidur-tiduran di lante kursi yang di sediakan, namun sayangnya air mancur yang dibuat sekeliling patung Yos Sudarso untuk sebentara waktu tidak mengalir karena rusak dan belum di perbaiki walaupun demikian taman Imbi masih tetap terlihat indah dan menarik perhatian masyarakat kota Jayapura maupun para pengunjung dari luar.

Berapa Ongkos yang harus di Keluarkan untuk Sampai ke Taman Imbi Kota Jayapura


Bagi anda belum pernah ke taman Imbi dan mempunyai rencana atau baru datang ke kota Jayapura, kira-kira 2 jam perjalanan menggunakan mobil atau dengan jasa angkutan umum, jarak dari bandar udara Internasional Sentani ke taman Imbi. 

Agak ribet sedikit guys tetapi menyenangkan, jika anda mengunakan angkutan umum/taksi ke taman ini, karena anda harus berganti taksi 4 kali dalam perjalanan untuk sampe ke sini dengan total ongkos angkutannya Rp. 21.000,00 (dua puluh satu ribu rupiah) dari bandara Sentani tetapi jika anda mempunyai kenalan di Jayapura, itu lebih bagus lagi agar memudahkan.

Anda yang berkunjung ke Jayapura dengan menggunakan kapal berarti tidak usah di pikir pusing, karena jaraknya kurang lebih hanya 200 Meter dari pelabuhan kapal Kota Jayapura ke taman Yos Sudarso yang biasanya disebut saja dengan taman kota/Imbi sehinga tidak perlu membuang biaya, cukup berjalan kaki saja, guys.

Sudahkan anda mengetahui tentang taman yang berada di tengah kota Jayapura ini, semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang Papua selain taman ini ada Taman Mandiri yang tidak Jauh dari Taman Imbi

Post a Comment for "Taman Imbi dan Pelajaran Sejarahnya"

Berlangganan via Email