Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Taman Mandiri Kota Jayapura





Taman mandiri adalah salah satu taman yang ada di pusat kota Jayapura, taman ini berhadapan dengan Bank Indonesia yang hanya seberang cross saja, letaknya berada di Jl. DR. Sam Ratulangi, taman ini juga hanya jarak kurang lebih 20 meter  dari kantor sinode Gereja Kemah Injil Papua (KINGMI).

Seketika anda melihat warna pagar, tembok serta membaca nama tamannya saja, anda bisa menebak dan mengetahui siapa yang membuat taman yang di kelilingi dengan ciri khas warna biru tua dan kuning ini, yaitu PT Bank Mandiri, taman ini di resmikan oleh bapak DR. Benhur Tommy Mano,MM. yang adalah wali kota Jayapura, pada tanggal 18 april 2012.


Taman ini biasanya di jadikan sebagai tempat berkunjung masyarakat kota jayapura maupun pengunjung yang datang dari luar kota Jayapura, dengan pepohonan dan rumputnya yang hijau di sekeliling pondok honai memperindah taman yang berada jaraknya 2 meter dari pangkalan utama TNI angkatan laut X satuan kapal patroli ini, taman mandiri biasanya disebut juga porasko karena jaraknya berdekatan dengan dermaga Porasko milik TNI AL, setelah di percantik dan di perindah oleh pihak Bank Mandiri tempat ini di jadikan sebagai tempat peristirahatan, bersantai dan taman bermain anak-anak serta masyarakat umum yang berada di sekitar kota Jayapura.


Sepanjang tembok pagar taman ini telah di perindah oleh ukiran dan lukisan yang indah, adapun lukisan-lukisan itu adalah burung cenderawasih, musik tifa, kapak batu dan lainnya yang ala-ala papualah, sehinga bila anda orang baru di Papua dan berkunjung ke tempat ini  dan penasaran untuk mengetahui apa saja yang di ukir dari lukisan itu, anda dapat bertanya kepada orang Papua yang ada di sekitarnya namun akan lebih baik lagi apabila anda mengajak orang yang telah lama tinggal di Papua ketika kesini agar mempermudah anda.



Guna menjaga keindahan dan kebersihannya, taman yang berada di pusat kota ini biasanya menjadi sala satu perhatian pembersih kota, taman yang biasa di sebut dengan prasko ini selalu  di sapu dan di bersihkan sehinga selalu terlihat bersih dan indah, selain itu di taman ini juga telah di sediakan tempat-tempat sampah, jadi jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, ingat..ingat!!! buanglah sampah pada tempat yang telah di sediakan, selain itu walaupun tidak ada penjaga tetap yang mengawasi taman ini namun keamanannya cukup terjamin.   


Taman ini juga tidak jauh dari pelabuhan laut dengan tujuan sarmi-mamberamo dan daerah sekitarnya sehingga taman yang di keliling dengan lampu pijar kuning pada malam hari ini, di jadikan sebagai tempat perpisahaan dan pertemuan penumpang yang datang ke daerah port numbay maupun yang hendak melakukan pelayaran ke daerah tempat tujuan, jadi, jika anda yang tidak tahu pelabuhan dengan tujuan Mamberamo serta sarmi datang saja ke taman Mandiri, karena anda dapat melihat langsung keluar masuk nya kapal fajar indah II serta kapal lainnya yang melayani penumpang ke tujuan daerah tersebut, warna biru taman mandiri ini juga seakan telah menjadi pelayan setia penyambut para penumpang yang datang dari luar kota Jayapura .



Anda telah membacanya bahwa Taman ini tidak jauh dari pusat kota sehinga anda yang tidak punya motor jangan ragu-ragu lagi untuk berkunjung ke tempat ini karena anda bisa dapatkan angkutan umum maupun ojek dengan mudah karena hanya semenit jaraknya dari jalan umum ke taman, serta anda yang berkunjung ke kota Jayapura namun kelelahan atau cape, taman mandiri adalah tempatnya untuk menghilangkan kelelahan karena anda akan langsung menikmati angin laut yang sejuk sambil memandang laut pante dok II yang indah, jadi jangan lupa mampir guys!! di taman mandiri kota Jayapura.



Bagi yang mau langsung menikmati nikamtnya bersante di taman mandiri langsung saja berkunjung kesana!!.





Post a Comment for "Hal-hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Taman Mandiri Kota Jayapura"

Berlangganan via Email