Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenal Beragam Suku Budaya Nusantara di Papua



Salah satu daerah di Indonesia yang menampung beragam suku budaya dari seluruh Nusantara adalah pulau Papua, ketika anda ke Papua anda akan menjumpai orang dari suku yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke, bagi yang pertama kali liburan ke bumi Cenderawasih ini tentu saja akan kebinggungan untuk membedahkan orang asli Papua dengan lainnya, apa lagi dengan orang luar negeri yang datang ke Papua pasti sangat sulit bagi mereka untuk dapat membedahkan nya.

Jika anda adalah orang yang baru datang ke Papua jangan pusing dengan mencari metode cara untuk membedahkan suku-suku yang ada di Papua,  ketika anda memandang wajah, rambut, warna kulit yang berbeda-beda mulai dari hitam, putih, coklat, terang, gelap dan lainnya yang serba beda dan unik. Trik untuk mengetahui berbagai macam suku yang ada di Papua itu sangat gampang sekali, cukup mendekati mereka dan bertanya lansung kepada orangnya, kamu asal dari mana? Simple kan. Hahahaha… tentu saja orang tersebut akan menjawabnya.

Jika anda penasaran untuk mengetahui cara mengenal orang yang terlihat kembar tapi berbedah asal daerah, di bawah ini adalah beberapa cara yang anda perlu lakukan dan ketahui untuk lebih cepat mengenal dan mengetahui orang dari berbagai latar belakang asal yang ada di tanah Papua:


Tips pertama ini tentu saja seperti yang telah di tuliskan di atas, bertanya lansung ke orangnya jika anda ingin mengetahui asal daerah seseorang.

Tips kedua lihat dari kulit mereka, kulit dari orang Jawa, Manado, Maluku tentu saja akan berbedah apa lagi Papua tentunya sangat berbeda sekali walaupun ada sedikit kesamaan dengan orang dari daerah Maluku dan Nusa Tenggara.

Tips ketiga perhatikan wajah mereka sebab di wajah seseorang yang anda ingin kenal tertulis sebagian dari asal daerahnya, anda mungkin mengatakan wajah orang Indonesia semua sama namun ketika anda bergaul dengan orang Jawa kemudian bergabung lagi dengan orang Toraja atau Batak dalam waktu yang agak lama anda pasti bisa membedahkan wajah orang Jawa dengan lainnya.

Tips keempat dengarkan setiap perkataan yang di keluarkan seseorang, ketika anda mendengar seseorang berbicara anda akan dapat mengetahui dari mana asalnya sebab logat dari perkataan yang di keluarkan ketika sedang bercakap ia sedang mengungkapkan asal daerahnya, cara ini memang cukup mudah dan tidak sulit untuk mengenal seseorang sebab setiap daerah di Nusantara memiliki logat dan gaya dari setiap tuturan kata yang di keluarkan orang dari daerah Barat Indonesia akan berbeda dengan yang berada di tengah Indonesia demikian juga akan terlihat berbeda dengan mereka yang berada di Indonesia Timur.  
Tips kelima lihatlah nama belakang atau marga, sebagian besar daerah yang berada di bumi Nusantara ini memiliki nama belakang atau marga, sehinga cukup anda mengetahui marganya namun di beberapa daerah di Indonesia tidak mengunakan marga dalam hal ini cukup anda mempelajari daerah manakah yang ada nama belakangnya atau tidak dengan demikian akan mempermudah anda untuk mengetahui seseorang.

Bagi mereka yang tinggal di daerah Papua tentu saja sangat mudah bagi mereka untuk mengenal asal daerah seseorang dengan lainnya sebab beraneka ragam budaya suku yang berada di Nusantaran dapat anda jumpai di bumi Cenderawasih ini dengan mudah, mengapa di katakan mudah karena kehidupan di daerah Papua sangat tinggi dengan kehidupan bersosial sehingga dalam pergaulan sangat mempermudah seseorang untuk di kenal.



Post a Comment for "Cara Mengenal Beragam Suku Budaya Nusantara di Papua"

Berlangganan via Email